close
Pengembangan Diri

3 Tips Mudah Agar Fokus (Mindfulness)

Seberapa sering kamu kehilangan fokus dan konsentrasi ketika sedang melakukan suatu hal? Ketika sedang dikelas ada guru yang menjelaskan suatu pelajaran, tetapi atensimu bukan pada apa yang sedang dijelaskan dan kamu malah memikirkan hal lain. Atau ketika kamu sedang bekerja bukannya malah fokus dan produktif melakukan pekerjaanmu tetapi memikirkan kapan segera berakhir jam kerja. Ada juga yang sedang ujian seharusnya memikirkan jawaban malah memikirkan rencana apa setelah ujian. Nah, sebetulnya pikiran – pikiran seperti itu sangat sering dialami seseorang dan jika kamu yang membaca artikel ini adalah salah satunya maka, kamu sedang tidak fokus atau tidak mindfull.

Baca Juga: 4 Tips agar Kamu Tetap Fokus

Tentunya, kamu pasti bertanya – tanya bagaimana sih caranya agar bisa lebih fokus? Dan lebih sadar terhadap apa yang sedang terjadi disekitar, sehingga dapat memberikan atensi lebih pada apa yang sedang terjadi tersebut. Misal, jika dosen sedang menjelaskan materi harusnya kamu memperhatikan dan fokus pada materi yang disampaikan, dan bukan malah memikirkan hal lain diluar kelas. Nah, pada artikel kali ini akan menjelaskan mengenai mindfulness dan cara mengatasi agar dapat fokus.

Mindfulness, mungkin beberapa dari kalian yang membaca artikel ini ada yang belum tahu mengenai apa itu mindfulness dan sebagian ada juga yang sudah tahu mengenai mindfulness itu sendiri. Mindfulness menurut seorang peneliti dari University of IOWA yaitu Creswell menyatakan bahwa mindfulness memiliki arti ‘hadir’ dalam kesadaran penuh pada masa sekarang. Misal, ketika kamu sedang membaca artikel ini kamu membacanya dengan seksama dan tidak peduli dengan apapun disekitarmu itu artinya kamu sedang mindful. Tetapi, jika kamu sedang membaca artikel ini sedangkan pikiranmu kemana – mana itu artinya kamu sedang tidak mindful atau tidak fokus.

Baca Juga: Pentingnya Meditasi Agar Tetap Fokus

Untuk menerapkan mindful dan melatih diri agar menjadi mindful, kamu perlu mengenali dan memahami terlebih dahulu karakteristik dari mindfulness itu sendiri. Karakteristik yang terdapat pada mindfulness terbagi menjadi dua;  pertama yaitu memberikan pusat perhatian dan kesadaran diri terhadap aktivitas yang sedang dilakukan sekarang, ya dengan fokus dan konsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan, kedua yaitu keterbukaan dan penerimaan terhadap sensasi yang ada dilingkungannya sendiri. Yang artinya menurut Kabat – Zinn seorang Massachutes Institute of Technology  yaitu  ketika kamu sedang mindful, kamu akan berusaha untuk menyerap sensasi yang kamu terima dari lingkungan. Misal, perasaan apapun yang sedang kamu rasakan, atau suara – suara yang terdengar olehmu dan masih banyak lagi, itu semua merupakan sensasi. Kamu menerima semua sensasi itu.

Cara agar dapat mindfulness dalam kehidupan sehari – hari yaitu dengan bermeditasi, meditasi merupakan suatu training in attention atau latihan fokus. Menurut Roger Walsh dari University of Queensland dan Shauna L. Shapiro dari Duke University menyatakan bahwa meditasi merupakan suatu aktivitas dimana seorang individu melakukan teknik – teknik tertentu untuk melatih atensi dan kesadaran hingga orang tersebut dapat mencapai keadaan mental yang tenang dan stabil. Untuk melakukan meditasi tidak ada suatu alasan sulit bagi kamu tidak mengerjakannya, karena meditasi sangatlah mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: Hilangkan Kecemasan Kamu Dengan Filosofi Hidup (Taoism)

Kamu dapat melakukan meditasi dengan berbagai cara, tetapi pada artikel kali ini saya akan menjelaskan metode meditasi mengikuti cara Liz Menio dari HarvardEdu. Seperti apa metodenya? Mari disimak!

1. Lakukan Ditempat Yang Sepi

Kamu perlu melakukan meditasi pada tempat atau suatu ruangan yang sepi, dan sunyi. Lakukanlah dengan duduk diatas bantal atau kursi, rileks kan badanmu jangan biarkan tegang taruh tanganmu diatas kaki.

2. Tarik Napas

Kemudian tarik napas dan lepaskan secara beraturan dengan fokus, seraya pejamkan matamu. Perlahan lakukan tarik napas, lakukan secara alami dan rileks kan tubumu.

3. Tetap Fokus

Coba biarkan pikiran – pikiran yang ada didalam otakmu mendistraksi proses bernapasmu. Tetapi, jangan terlalu lama memikirkannya. Cukup perhatikan saja pemikiran – pemikiran yang ada dalam otakmu. Sadari saja, bahwa kamu sedang ada hal yang dipikirkan lalu kembali fokus pada tarikan napasmu.

Dalam melakukan meditasi, lakukanlah secara konsisten at least 10menit saja itu cukup. Jika dengan rutin kamu melakukannya, akan membawa keuntungan yang  luar biasa bagimu. Keuntungan jika kamu menjadi seorang meditator dalam jangka panjang, kamu akan lebih terlatih untuk kuat dalam menghadapi stress, lebih cepat dalam memulihkan diri dari perasaan – perasaan negatif, lebih mudah untuk fokus, seorang meditator dapat lebih cenderung terhindar dari intentional blink atau tingkah yang suka tiba – tiba lupa terhadap hal apa yang akan dilakukan, karena kamu menjadi live in the moment atau lebih sadar akan hal yang dilakukan dan terjadi sekarang. Perlu diingat dengan melakukan meditasi ini akan secara bertahap berproses pada dirimu jika dilakukan dengan konsisten dan tidak bisa instan.

Semoga bermanfaat, Arigatou Subete.

Rahma HF

Author, Writing Addict | Painter | "Semua orang punya takdir sukses dengan cara yang berbeda, hanya butuh segumpal usaha agar maksimal :)". -Manage your time as well, don't forget to be happy.
Back to top button